Membuat Berbagai Macam

Cara Supaya Make Up Bertahan Sepanjang Hari

Kiren Cristine, seorang wanita karier, mengeluhkan make up yang dipakainya. Waktu yang dihabiskannya untuk berdandan di pagi hari dirasakan sia-sia saja.Make up yang seharusnya membuat wajahnya segar dan tampak sehat sepanjang hari ternyata tak dapat bertahan dari panasnya cuaca di siang hari. Bedak yang digunakannya terlihat menggumpal di beberapa bagian karena terseka oleh tisu yang digunakannya untuk mengelap keringat. Ia pun terpaksa sering kali berganti make up di toilet kantornya. “Gimanasih, make up yang segar dan sehat buat kulit?” ucapnya kepada salah seorang koleganya di tempat kerja.

Pertanyaan itu yang mendorong dirinya mengikuti Beauty Class yang diadakan oleh Sari Ayu Martha Tilaar di Trans Studio Makassar. Dari kelas kecantikan tersebut ia pun mengetahui seperti apa seharusnya make up yang segar dan sehat.

“Ternyata untuk mendapatkan hasil make up yang segar dan tahan lama ada beberapa tahap yang harus dilalui,” katanya. Selama ini ia hanya membersihkan wajah seadanya dengan sabun pembersih. Selanjutnya ia langsung membubuhi wajah dengan riasan.

Tahapan yang dilalui sebelum merias wajah sebenarnya cukup sederhana dan tidak banyak menyita waktu. Cukup dengan pembersih wajah, kemudian memakai pelembap agar kulit wajah dalam keadaan segar sebelum dirias. Foundation atau alas bedak sendiri bukanlah hal yang wajib, tergantung pada kondisi kulit dan selera pemakai. Bagi wanita dengan kulit yang berminyak, disarankan tidak menggunakan alas bedak karena sebagian besar foundation mengandung olive oil atau minyak zaitun. Menggunakannya dapat menambah kadar minyak di permukaan wajah.

Agar riasan wajah lebih tahan lama walau tanpa alas bedak, sebaiknya gunakan bedak powder terlebih dahulu. Kemudian lapisi dengan bedak padat sebagai pengunci make up. Untuk menjaga kesehatan kulit, waktu normal yang umumnya disarankan pada penggunaan make up adalah sekitar empat jam. Sebab setelah itu daya lekat make up juga akan semakin berkurang, sehingga kesegaran wajah pun ikut terpengaruh. Namun beberapa produk mematok jaminan waktu pemakaian hingga delapan jam.

Di samping itu, make up yang segar dan tahan lama juga tergantung dari perlakuan terhadap make up itu sendiri, saat riasan sudah melekat di permukaan kulit wajah. Sebaiknya hindari mengusap keringat karena dapat dipastikan make up juga akan ikut terhapus dan berkumpul membentuk gumpalan-gumpalan kecil di ujung sekaan tersebut.

Tisu atau spons bedak dapat digunakan untuk menyerap minyak atau keringat di wajah. “Cukup tempel dan biarkan spons yang menyerapnya,” kata Ira Widyastuti, Beauty Consultant Sari Ayu Martha Tilaar.

Keselarasan antara warna make up dengan warna alami kulit juga menentukan dalam penampilan wajah agar terlihat segar dan sehat. Penggunaan eye shadow dengan warna hangat seperti oranye atau cokelat pada kulit yang agak gelap dapat membuatnya tampak lebih cerah alami. Sebaliknya bagi mereka yang memiliki kulit yang lebih terang, warna-warna sejuk atau warna cerah yang ringan seperti biru lembut ataupink dapat menjadi pilihan untuk menghias kelopak mata.

Sedangkan untuk blush on biasanya untuk pemakaian sehari-hari hanya dianjurkan dua pilihan warna. “Blush on warna oranye cocok untuk kulit gelap, dan untuk kulit yang lebih cerah sebaiknya menggunakan merah muda, pengolesannya pun jangan terlalu banyak agar kesannya tidak terlalu mencolok,” ujar dia.

Agar pori-pori wajah dapat kembali “bernapas lega”, setelah penggunaanmake up sebaiknya segera dihilangkan dengan pembersih wajah. Gunakan pembersih yang memang khusus dibuat untuk melepaskanmake up. Setelah itu gunakan penyegar untuk mengembalikan kesegaran wajah.

Langkah terakhir, bersihkan sisa-sisa pembersih dan penyegar dengan sabun khusus untuk wajah agar kulit wajah kembali kepada kondisi alaminya. Bagaimana pun, wajah tanpa make up adalah yang paling segar, sehat, dan alami.

“Fungsi make up pada dasarnya hanyalah sebagai penegas garis-garis yang membentuk wajah,” ujar Henny Anastasia Maria, pemilik Secrets Spa Makassar.

Wajah yang terlihat segar sebenarnya adalah yang terlihat bersih dan lembap. Menurut Henny, untuk mendapatkan kelembapan pada wajah, gunakan pelembap yang berbahan dasar air.

“Kalau bisa, pemakaian foundation sebaiknya dihindari,” ujar Henny. Cukup dengan bedak powder dan eyeliner, pensil alis, dan maskara untuk memperjelas daerah mata, alis, dan bulu mata, tanpa menggunakan eyeshadow juga blush on. Untuk bibir, gunakan pensil bibir dan lip gloss agar bibir tampak lembap dan segar.

“Jadi lebih natural, wajah terlihat asli tapi tetap tampak tegas,” katanya.
Iar iarbhír anseo
0 Komentar untuk "Cara Supaya Make Up Bertahan Sepanjang Hari"

Silahkan Komentar , Nyambung nggak nyambung gak papa , promosi yo gakpopo , luweh luweh , blog iki ngulihke duwiet okeh walaupun ra tau tak urus , tenan bro

Back To Top