Membuat Berbagai Macam

Cara Membuat bakso daging


Saya yakin masyarakat indonesia sudah banyak yang mengetahui cara membuat bakso daging sapi sendiri di rumah. Bakso memang salah satu masakan khas masyarakat indonesia yang konon katanya berasal dari negeri china. Hal itu dapat dilihat dari awalan kata “bak”. Seperti yang diketahui ada banyak makanan asal negeri tirai bambu tersebut yang berawalan “bak” misalnya saja bakpia, bakpao, bakmie, dll.
Selain mudah untuk dikunyah, aroma daging yang gurih dapat kita rasakan saat memakan bakso seringkali membuat ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Di indonesia sendiri sekarang ini terdapat berbagai macam jenis bakso yang tersedia di pasaran misalnya bakso urat, bakso ikan, bakso udang, bakso keju, bakso bakar, dll. Tapi secara umum penyajian bakso di indonesia memiliki kesamaan diantaranya selalu disajikan dengan kuah hangat, mie, seledri, bawang goreng, saus, kecap, dll.
Nah, meskipun masyarakat indonesia sudah banyak yang tahu resep cara membuat bakso sendiri, akan tetapi saya yakin masih ada beberapa orang yang belum bisa membuatnya. Untuk itulah kali ini saya akan memberikan resepnya bagi yang ingin belajar.
cara membuat bakso sendiri
Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bakso :
- 1 kg daging sapi giling
- 1 ons tepung kanji
- 6 siung bawang putih
- 1 senduk makan garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- penyedap rasa secukupnya
Langkah-langkah cara membuat bakso :
1. Langkah pertama adalah menghaluskan bawang putih, bisa dengan diblender atau ditumbuk.
2. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
3. Selanjutnya aduklah dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, tapi sebaiknya anda usahakan agar ukurannya tidak terllau besar biar bisa matang secara lebih cepat dan merata.
Cara membuat bulatan bakso adalah dengan mengambil segenggam adonan, remas dan tekan kearah ibu jari. Adonan yang keluar dari antara ibu jari dan telunjuk akan membentuk bulatan dan bisa anda ambil menggunakan sendok. Agar tidak lengket anda bisa melumasi telapak tangan anda dengan minyak goreng.
Cara lainnya adalah menggunakan 2 sendok. Ambil adonan dengan menggunakan 1 sendok lalu kemudian bentuklah bulatan dengan menggunakan sendok yang satunya.
5. Adonan yang telah berbentuk bulatan dimasukkan ke dalam air panas lalu kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.
Bahan untuk kuah bakso :
- Tulang sapi
- Air
Bumbu kuah bakso :
- Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
- Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
- gula 2 sdt
- garam 1 sdm
- lada 1/2 sdt
- daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
- kaldu sapi instan, 2 sdt
Cara membuat kuah bakso :
Rebus air bersama tulang dan semua bumbunya sampai mendidih dan tulangnya menjadi matang. Kemudian kecilkan apinya dan selanjutnya anda sudah bisa menyajikan bakso bersama kuahnya. Bisa pula dilengkapi dengan bawang goreng, tahu, seledri, saus, dll untuk penyajiannya.
Iar iarbhír anseo
Tag : Masakan
Back To Top