Membuat Berbagai Macam

Cara Membuat Anak Anda Merasa Dicintai

Cara Agar Anak Anda Merasa Dicintai
Bahagiakan anak Anda saat di rumah. (Foto:Huffingtonpost.com)
Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai orangtua, kebahagiaan anak tentu menjadi hal yang sangat berharga. Dalam mencapai kebahagiaan, cinta dan kasih sayang tentu sangat diperlukan karena merupakan dasar dari kebahagiaan.

Lalu apa yang Anda lakukan untuk membuat anak merasa dicintai? Berikut beberapa cara sederhana untuk membuat anak-anak Anda merasa dicintai.
1. Matikan ponsel atau gadget Anda
Ketika Anda di rumah dan berkumpul dengan anak-anak Anda, matikan ponsel Anda dan beri anak Anda perhatian penuh meski hanya beberapa saat. Hal ini untuk membuktikan pada mereka bahwa tidak ada hal yang lebih penting selain berkumpul bersama anak-anak Anda.

2. Matikan TV dan semua gadget pada waktu makan
TV dan atau perangkat teknologi lainnya hanya akan mengganggu waktu Anda bersama anak-anak Anda, apalagi saat makan bersama. Karena berkumpul bersama anak mungkin adalah hal yang langka lantaran Anda terlalu sibuk, jadi manfaatkan sebaik mungkin ketika Anda punya kesempatan bersama mereka. Jauhkan semua teknologi yang dapat mengalihkan perhatian Anda bersama anak-anak.

3. Menemani anak tidur
Anak-anak akan sangat gembira ketika Anda bersedia menemani mereka tidur. Setidaknya bacakan mereka sebuah cerita menjelang tidur agar tidur mereka nyenyak. Hal ini juga sangat baik untuk mengembangkan hubungan orangtua dengan anak.

4. Tampilkan kasih sayang secara fisik
Banyak studi menunjukkan bahwa perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh kehangatan dan kasih sayang dari orangtua. Anak yang banyak mendapatkan cinta tentu akan memiliki kepercayaan diri dan harga diri yang tinggi. Jadi usahakan Anda selalu mencium atau memeluk mereka setiap hari. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan anak-anak menjadi agresif, anti-sosial dan memiliki perilaku yang buruk.

5. Luangkan waktu yang berkualitas dengan anak
Sesibuk apa pun Anda, selalu luangkan waktu dan ciptakan kebersamaan yang berkualitas bersama mereka. Hal ini untuk mendekatkan satu sama lain. Anda bisa saja mengajak merek berolahraga, memasak bersama, atau mengerjakan tugas-tugas rumah bersama. Cara ini cukup ampuh untuk menunjukkan kepada anak bahwa Anda benar-benar mencintai dan menghargai mereka.

6. Tinggalkan catatan atau pesan lucu dan penuh kasih sayang
Anda bisa memberikan mereka catatan kecil yang kemudian menyelipkannya di bawah bantal mereka. Mungkin bisa seperti catatan lucu atau ungkapan cinta. Tunjukkan pada anak bahwa Anda sangat menyayangi mereka lewat catatan.

7. Sering-sering tersenyum
Seberat apa pun hidup yang Anda jalani, usahakan untuk selalu tersenyum di depan anak-anak Anda. Hal ini untuk membuat mereka nyaman dan menegaskan bahwa kehadiran mereka adalah hal yang paling membahagiakan dalam hidup Anda. Dengan begitu, anak Anda akan tahu bahwa Anda benar-benar mencintainya.

8. Jadilah teladan yang baik
Banyak orangtua yang sering lupa bahwa mereka menjadi panutan bagi anak-anaknya. Untuk itu, tunjukkan cinta Anda dnegan cara menjadi teladan yang baik bagi anak-anak Anda. Sesering mungkin katakan pada mereka apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, beritahu bagaimana cara bersikap sopan dan jangan lupa beri mereka contoh. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan bahwa Anda mencintai anak-anak Anda dari apa yang Anda contohkan.

9. Libatkan mereka dalam pengambilan keputusan
Meski orangtua bertanggung jawab terhadap masa depan anak, namun jangan lupa untuk melibatkan anak-anak Anda dalam mengambil keputusan. Hal ini baik bagi anak-anak Anda, yakni untuk mulai belajar bagaimana membuat keputusan dengan bimbingan orangtua mereka.

10. Jangan menyela cerita mereka
Anda harus ingat bahwa anak juga butuh didengar. Setiap anak pasti memiliki cerita tentang apa yang mereka alami di sekolah atau di mana pun. Jadi, ketika dia sedang mengutarakan pengalamannya, dengarkan saja dan jangan pernah Anda menyela ceritanya. (Ningtriasih/Lifehack)
Iar iarbhír anseo
Back To Top